Kahoot adalah sebuah platform pembelajaran berbasis game yang bersifat free yang dapat digunakan oleh guru untuk membuat suasana belajar mengajar menjadi lebih menarik, menantang dan tidak membosankan bagi peserta didik.
Kahoot juga dapat digunakan sebagai ice breaking dalam kegiatan pelatihan maupun seminar. Bagaimana keseruan penggunaan kahoot dapat dilihat pada video berikut ini.
Beberapa keunggulan menggunakan kahoot :
- fleksible, hanya dalam hitungan menit, pengguna dapat membuat game pembelajaran dengan berbagai macam topik maupun pilihan usia.
- simple, kahoot dapat dimainkan dari laptop, komputer, handphone maupun tablet. Yang diperlukan hanya koneksi internet. Pemain tak perlu login untuk dapat memainkannya
- bersifat global, karena yang dibutuhkan hanya koneksi internet, sehingga dapat digunakan dimanapun asal ada koneksi
- free, untuk menggunakan kahoot, tak perlu mengeluarkan biaya. Kecuali biaya untuk akses internet tentu saja
Untuk menggunakan kahoot, pengguna secara umum dapat dibedakan menjadi dua yaitu guru dan siswa
Pengguna Guru
Untuk mulai menggunakan kahoot, silakan akses ke kahoot.com daftarkan diri anda untuk mendapatkan user dan password. Setelah itu, Anda dapat memulai membuat game yang dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas.
Langkah-langkah registrasi ke kahoot dapat dilihat di file berikut ini Langkah-langkah registrasi di kahoot
Sedangkan untuk memulai menggunakan kahoot untuk membuat game serta penggunaannya di depan kelas, ada di file berikut Membuat Game dengan Kahoot
Pengguna Siswa
Siswa yang berlaku sebagai pemain, mengakses alamat https://kahoot.it/ selanjutnya siswa memasukkan Game PIN dan nama
Selanjutnya akan muncul pertanyaan yang ditampilkan di layar di depan kelas, sementara di perangkat siswa yang muncul hanya simbol-simbol seperti gambar berikut ini
***
Jadi dalam menggunakan kahoot ini, perangkat guru dihubungkan dengan LCD proyektor, karena siswa akan melihat pertanyaan dan pilihan jawabannya di layar di depan kelas. Sementara di perangkat siswa hanya muncul simbol-simbol yang berisi pilihan jawaban.
Demikian sekilas penggunaan kahoot dalam pembelajaran di kelas. Semoga bermanfaat dan membuat suasana pembelajaran di kelas Anda menjadi lebih menarik.